Aplikasi New Media

Dimulai pada saat abada ke dua puluh, teknologi berkembang dengan pesat dan mempengaruhi seluruh kebutuhan manusia. Salah satunya yaitu Media baru (New media) yang menggantikan media lama yang kebanyakan  masih bersifat perangkat fisik, berbeda dengan New media yang menggunakan teknologi virtual. Disini saya akan membahas beberapa contoh aplikasi New media saat ini dengan menganalisa kelebihan, kekurangan , serta fitur-fitur unggulannya.

1. Facebook

Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Jika ingin bergabung dengan facebook Pengguna harus mendaftar terlebih dahulu. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat". Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa pihak administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.










logo facebook

Fitur-fitur facebook
  1. Chat memungkinkan Web Surfers untuk “berbicara” satu sama lain secara real-time..
  2. Video call memungkinkan pengguna berbincang face to face dengan virtual
  3. Status update, kita bisa mengisi status kita sedang apa saja. Misalnya lagi dirumah, trus pergi kuliah, semua itu bisa diupdate dan bisa dilihat oleh pengguna lain. Jadi kita bisa tau kegiatan sehari-hari teman kita.
  4. Tag Photo dengan fitur ini, maka saat foto bersama, sesama pengguna facebook bisa “tagging” atau menandai orang lain yang ada dalam foto tersebut, dan akan terkirim ke facebook orang yang di tag. dll 
Manfaat : 
1.Meningkatkan kepercayaan diri
Sebuah penelitian dari Cornell University menyatakan dengan memperhatikan tampilan dinding akun Facebook, maka seseorang akan lebih percaya diri. Hal tersebut disebabkan oleh segala bentuk tampilan terbaik seseorang benar-benar dimaksimalkan ketika diposting dalam dinding Facebook.

2.Meningkatkan produktivitas
Sebuah studi dari University of Melbourne sudah pun pernah membuktikan para karyawan yang diberikan kesempatan untuk mengakses Facebook selama 10 menit saja ketika bekerja akan meningkatkan produktivitas mereka.

3.Menyediakan lapangan pekerjaan
 

Sudah banyak orang yang menggunakan Facebook untuk membantu melancarkan usaha atau bisnis mereka. Facebook memang merupakan salah satu media pemasaran yang mudah, murah, dan efektif.
dll.


Dampak Positif :

Mempererat silaturahmi
Ya, mungkin ini adalah kegunaan dari facebook yang paling bisa kita rasakan. Bahkan dengan facebook, kita bisa menemukan kembali orang - orang yang pernah kita kenal di masa lalu.

Media promosi
Jelas, facebook bisa digunakan sebagai media promosi, entah itu mempromosikan produk, jasa, instansi, atau hal lain. Bahkan, pada saat pemilu legislatif kemarin, sebagian caleg juga menggunakan facebook untuk media kampanyenya.


Dampak Negatif :

Memicu terjadinya pergaulan bebas tanpa batas.
Ya, namanya juga dunia maya, dunia tanpa batas, seseorang bisa menjelma menjadi siapa saja dan berbuat apa saja, baik atau buruk. 


2.Twitter

Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut ("follower").

Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.









logo twitter

Fitur-fitur Twitter
  1. ProfilPada halaman ini yang akan dilihat oleh seluruh orang mengenai profil atau data diri serta kicauan yang sudah pernah dikirim-tampil.
  2. Pengikut (Follower)
    Pengikut adalah pengguna lain yang ingin menjadikan kita sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi pengikut akun seseorang, maka kicauan seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam halaman utama. 
  3. Pesan Langsung (Direct Message)
    Fungsi pesan langsung lebih bisa disebut SMS karena pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa ada pengguna lain yang bisa melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang dikirimi pesan.
    dll.
Manfaat Twitter 
Selain untuk hiburan adalah
  1. Media Riset. Berbagai kalangan, dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa dan tua sekalipun, ada di Twitter. Berbagai latar belakang juga berkumpul di social media paling populer itu. Mereka semua aktif bersosialisasi di Twitter nyaris setiap saat. Maka, sebenarnya di sana kita bisa memanfaatkannya utnuk riset sederhana. Tentang apa saja yang kita ingin ketahui. Tentang sikap seseorang terhadap sebuah isu, tentang tren yang sedang berkembang, dll. Bahkan kita juga bisa mendapat opini langsung dari subjeknya.
  2. Networking. Banyak kalangan bisa Anda temui di Twitter. Dan, tentunya sedikit yang sebelumnya telah Anda kenal. Karenanya, Twitteran juga bisa menjadi media untuk memperluas jaringan, baik untuk kepentingan bisnis, akademis atau apapun juga. 
Dampak Positif
Twitter bisa sebagai tempat bisnis dan promosi. bila kita wirausahawan kita dapat menjadikan jejaring sosial ini sebagai media iklan usaha.
Dampak Negatif 
Membuat Kecanduan. ini dampak negatif yang terjadi dari twitter sehingga orang akan menghabiskan waktunya buat ngetweets dan melupakan tugas di kehidupannya. contoh bisa lupa mengerjakan tugas di kampus karena keseringan ngetweets.  
 
3. LinkedIn 
 
LinkedIn adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional. Sampai September 2007 situs ini memiliki lebih dari 14 juta pengguna terdaftar, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang diklasifikasi menurut jasanya.

CEO LinkedIn saat ini adalah Dan Nye dan kantornya berlokasi di Mountain View, California. Perusahaan ini didanai oleh Greylock, Sequoia Capital, Bessemer Venture Partners, serta European Founders Fund. LinkedIn mulai meraih keuntungan (arus kas positif) sejak Maret 2006 .


 
logo LinkedIn


Fitur-fitur LinkedIn

SummaryIngin mempromosikan diri Anda lewat kata-kata? DI kolom inilah tempatnya. Meskipun pengalaman dapat ‘berbicara’ sendiri untuk Anda, nggak ada yang mengalahkan persuasi personal. Isi kolom ini dengan satu-dua paragraf yang paling meyakinkan tentang diri dan karier freelancing Anda.  

Manfaat
  1. Membuat profil profesional dan mengontrol tampilan profil Anda ketika orang lain memasukkan nama Anda dalam mesin pencarian.
  2. Membangun dan memelihara jaringan profesional yang terpercaya.
  3. Menemukan dan terhubung kembali dengan rekan kerja dan teman sekolah.   
4. YouTube 
YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flash Player.Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise, pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen.

Pada 9 Oktober 2006 diumumkan bahwa YouTube telah dibeli Google dengan harga US$1,65 miliar. Pada awal April 2008 beberapa ISP Indonesia menutup akses ke beberapa situs web termasuk YouTube karena memuat film Fitna.[5] Awalnya pemblokiran berupa pemblokiran sepenuhnya terhadap seluruh situs web, namun kemudian diubah menjadi pemblokiran terhadap URL tertentu yang memuat video tersebut saja.
 

 
 logo YouTube
Fitur-fitur YouTube
  1. Fokus para menontonTampilan YouTube yang baru berfokus pada kenyamanan anda dalam menikmati video, pertama anda tidak akan melihat logo bintang, atau sistem rating dengan bintang, YouTube menggantinya dengan sistem mirip StumbleUpon, tapi di YouTube, yang satu logo hati untuk menyatakan like dan logo jempol mengarah kebawah untuk menyatakan yang sebaliknya.
  2. Fitur pengabur wajahSeperti dikutip dari Reuters, tools ini dapat menyembunyikan identitas para pembangkang politik yang terlihat di sebuah video, demikian menurut pemilik YouTube, Google Inc.
    dll.
Manfaat YouTube
  1. Mencari inspirasi
    Suatu hari adakalanya Anda sedang penat karena urusan-urusan sulit yang belum terselesaikan. Nah, bila situasi seperti ini menyambangi Anda, saya rasa Youtube punya sesuatu buat Anda. Di Youtube, ada begitu banyak video yang bisa Anda jadikan inspirasi
    .
  2. PromosiYoutube memberikan jalan selapang-lapangnya bagi Anda untuk melakukan ini. Gratis lagi!
    dll.
     
     
Dampak Positif 
  1. Dapat mencari video tutorial
  2. Bisa menjadi artis dadakan
  3. Bisa berbagi keceriaan dengan berbagi-pakai video yang kita miliki
  4. Dapat mencari video unik dan lucu
  5. Membuat orang kreatif dengan membuat video yang menarik 
Dampak Negatif 
  1. Dapat dipakai untuk mencari video porno
  2. Video-video kekerasan
  3. Video yang dapat memperjelek nama seseorang
5. Flickr

Flickr merupakan situs web untuk berbagi foto dan situs komunitas daring yang merupakan contoh dari aplikasi Web 2.0. Sebagai situs web yang populer untuk berbagi foto pribadi, layanan ini dimanfaatkan oleh banyak blogger sebagai tempat penyimpanan foto. Popularitasnya bertambah seiring peralatan komunitas online yang inovatif yang memperbolehkan foto-foto diberi tanda dan dicari secara folksonomi. 






logo flickr

Fitur-fitur Flickr 
  1. Kontrol aksesFlickr menyediakan tempat penyimpanan foto untuk umum dan pribadi. Seorang pengguna yang mengirimkan fotonya dapat mengatur kontrol privasi yang menentukan siapa saja yang dapat mengakses foto tersebut. Sebuah foto dapat ditandai sebagai umum maupun pribadi. Foto pribadi pada dasarnya hanya dapat diakses oleh pemilik foto, tetapi juga dapat diatur agar dapat dilihat oleh teman dan/atau keluarga. Pengaturan privasi dapat pula dilakukan dengan memasukan foto dari kumpulan foto ke suatu "grup".
     
  2. Pengarsipan
    Dengan sebuah akun gratis yang aktif, pengguna hanya dapat memiliki akses ke 200 gambar terakhir yang ia kirimkan. Gambar yang lama tidak dihapus dan tetap dapat diakses melalui URL-nya (contohnya bila terhubung dengan situs web lain). Akan tetapi, gambar-gambar tersebut tak dapat lagi diakses untuk dikutip atau di-edit dari akun pengguna Flickr tersebut. 

    dll.
Manfaat 
mendokumentasikan poto-poto pilihan yang paling formal, unik sampai paling narsis. Disini kita bisa mengenalkan dunia kita, dunia yang kadang kita sulit untuk berkata-kata menguraikan beberapa pengalaman pribadi atau sekedar ungkapan hati seperti blogger sejati. Di flickr kita tidak harus cuap-cuap mengenalkan diri, cukup dengan poto-poto yang kita tempel disana.

sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook 
http://id.wikipedia.org/wiki/YouTube
http://id.wikipedia.org/wiki/Instagram
http://id.wikipedia.org/wiki/Twitter
http://id.wikipedia.org/wiki/Flickr 

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tugas kuliah